Jumat, 12 Februari 2010

Pilihan Linux Untuk Pemula




Hallo...para pembaca yang budiman, Sebetulnya sudah lama saya ingin posting artikel tutorial linux untuk pembaca di Indonesia, tapi selalu agak bingung mau mulai dari mana ,kenapa? karena saya terobsesi dg banyaknya Distro Linux yg ada di dunia ini yg hubungannya mana kira2 yg paling masuk or paling banyak serta lebih user friendly utk pembaca di Indonesia (karena hal ini yg selalu menjadi acuan posting saya) dan juga saya coba browsing dan survei ke forum2 linux memang puluhan mungkin ratusan jenis distro linux yg di pakai user di Indonesia dan bila anda berkunjung ke situs www.distrowatch.com maka anda akan menemui ratusan distro linux yg ada di Dunia saat ini dan saya gak percaya jika ada manusia yg hafal dg semua jenis distro linux yg ada di dunia ini.hehehe.., tentunya ini fenomena yg sangat berbeda dg system operasi windows yg masih kita hafal di luar kepala dari jaman windows 3.11, 95, 98, milenium, 2000, 2000 server, 2003 server,xp, vista, win Seven....dan semuanya memiliki system dan user inteface yg tidak jauh berbeda ,karena satu pabrik sih ya...

Oke, Jika teman2 sekalian pemula dan punya keinginan mencoba atau bermigrasi dari Ms Windows ke Linux tapi :
-Bingung mau mulai dari mana dan tidak ada tempat bertanya ?
-Mau cari referensi linux dari web, tapi tidak tahu URL yang tepat (kebanyakan dilempar-lempar)?
-Ingin berdiskusi seputar Linux?
Mulai sekarang saya akan coba berbagi dan bertukar pikiran tentang masalah ini dg pengetahuan yg saya punya seputar Linux dan macam2 Distro-nya.
SEKILAS TENTANG LINUX

Untuk mereka yang tidak mampu untuk membeli sistem operasi Microsoft Windows yg asli seperti saya...jujur aja deh.., maka Linux dapat menjadi alternatif sistem operasi yang digunakan di PC secara halal dan tidak membajak perangkat lunak sama sekali. Harganya murah boleh di bilang cuma ganti biaya CD ,menurut pengalaman saya per 1 CD biasanya berkisar Rp.5.000 - 15.000 , bandingkan dg harga software microsoft di situs pedagang ini http://www.pvidia.com/software-asli-microsoft.php, Yups! semoga Linux menjadi solusi masalah pembajakan di Indonesia GO OPEN...!!

Linux adalah salah sistem operasi yang open source atau bebas sehingga linux tersebut bebas untuk di gunakan, di Copy, di distribusikan, di ubah atau di kembangkan tidak usah ijin siapapun. ya di ukur dari uang Linux memang jauh lebih murah di banding Microsoft Windows tapi tentu andapun tau bukan berarti murahan atau jelek kualitasnya ,dari sudut pandang Teknis dan Pemrograman tidak usah sungkan-sungkan mengatakan bahwa "Linux sampai sekarang memiliki propertiery yg lebih sakti mandraguna di banding Microsoft Windows" (sakti kaya dukun aja, hehe ).dan konon cerita yg sering jadi bulan-bulanan para Hacker juga komputer yg berbasis Microsoft Windows ...tul nggak?,kenapa begitu? selain memang arsitektur system Linux memang di bangun dg kerangka dan tingkat keamanan yg bagus dan kuat tentu juga ini terkait kuat dg sifat open source Linux yg memberi kebebasan membangun,ber-improvisasi dan ber-inovasi pada para pengembang tidak spt di Microsoft Windows yg sangat di batasi oleh propertiery Microsoft yang menjengkelkan ,dikit2 di protect,dikit2 registrasi, salah dikit erorr ...etc!. tapi yah maklum namanya juga Microsoft ini kan dagang, makanya sy bukan bermaksud menjelekan Microsoft Windows atau menganggap pembuat OS ini lebih bodoh daripara pengembang Linux ,tapi memang itu fakta perbandingannya dg Linux. dan sebagai praktisi IT jujur saja Microsoft Windows lebih banyak menghasilkan uang buat saya ya karena sebagian besar klien/konsumen pakai OS Windows , dasar matere or munafik .

MULAI MEMILIH DISTRO LINUX

Untuk pemula yg baru berkenalan dengan Linux, biasanya mereka terbentur pada masalah pemilihan distribusi atau lebih di kenal dengan sebutan "distro" yang akan digunakan. sebenarnya distro Linux hanya memiliki perbedaan pada paket program aplikasi, tool untuk instalasi ,sedangkan ,perintah dasar ,program, organisasi direktori dan file, dan utilitas tambahan. Secara sistem semuanya sama-sama menggunakan kernel Linux. Dan tidak akan ada habisnya membandingkan distro Linux yg satu dg lainnya.

Untuk itu di bawah ini beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih distro Linux :
- Distro yang banyak dipakai orang dan juga teman-teman dekat ,di mana hal ini akan mempermudah dalam membantu memecahkan masalah kita seputar penggunaan atau pengembangan Linux
- Distro dengan paket program yang sesuai dengan keinginan atau orientasi kita menggunakan linux.
- Distro yang menyediakan manual gratis dengan penjelasan detail untuk kita pelajari karena ini sangat penting untuk belajar secara mandiri

Di bawah ini tambahan informasi sehubungan dg cara mendapatkan Distro Linux di Indonesia :

Situs web yang menjual CD distro Linux:
-Gudang Linux. Bagi yg di Jakarta Distro ini tokonya ada ITC Kuningan Jakarta Lantai Dasar, dan saya memang suka beli di situ.
-De2 (Debian Depok)
-BlankOn
-Gudang Open Source
-Toko Distro
-Distro Linux
-Pusat Linux
-Pasar Linux
-Baliwae

Buku atau majalah yang menyertakan CD distro Linux:
-Majalah KomputerAktif
-Majalah PC Media,
-Majalah Chip,
-Majalah InfoLinux,

untuk lebih banyak belajar, Anda saya sarankan mengunjungi site foss-jember selamat memilih dan mencoba.

Tidak ada komentar: